Hari ke 7 : Membuat form pada Google Apps

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat form pada Google Docs. Dengan menggunakan form ini, kita tidak perlu repot dalam pembuatan summary dari hasil yang diinginkan. Karena pada dasarnya form pada Google ini berbasis spreadsheet (MS. Excel pada Microsoft), sehingga hasilnya dalam bentuk spreadsheet.

Kita bisa manfaatkan Google Docs form ini untuk survey atau kegunaan lainnya yang membutuhkan summary atau hasil dalam bentuk spreadsheet dengan mudah.

Mari kita mulai membuat form pada Google hanya dengan beberapa langkah saja :

  1. Klik link Documents. Documents
  2. Klik dropdown Create new, dan pilih Form. Create Form
  3. Maka akan tampil design default form yang disediakan oleh Google Docs. Default Form

Mari kita mengenal lebih dekat lagi kegunaan dari masing – masing Menu pada form ini :

Menu Default Form

Add Item : untuk menambahkan pertanyaan pada form Anda dengan beberapa pilihan jawaban yang harus di isi.

  1. Text : menghasilkan jawaban berupa teks.
  2. Paragraph text : menghasilkan jawaban berupa teks, dapat berupa sebuah paragraf.
  3. Multiple choice : mengharuskan pengisi harus memilih salah satu jawaban.
  4. Checkboxes : pengisi bisa memilih beberapa jawaban.
  5. Choose from a list : Anda bisa membuat pertanyaan lagi dari yang sudah ada di list sebelumnya.
  6. Scale : berupa penilaian terhadap sesuatu dalam sebuah batasan nilai.
  7. Grid : berupa tabel.
  8. Section header : menambahkan judul form Anda pada header.
  9. Page break : berisi keterangan apabila form terdiri dari beberapa halaman.

Themes : untuk merubah latar dari form Anda.

Email this form : mengirimkan email kepada orang tertentu form yang Anda buat (invite orang/grup Google) untuk mengisi form Anda.

See responses : melihat respon dari form Anda.

  1. Summary : hasil form terlihat dalam bentuk diagram.
  2. Spreadsheet : hasil form terlihat dalam bentuk spreadsheet.

More actions : menambahkan aksi – aksi lain pada form Anda.

  1. Embed : menambahkan video/gambar pada form Anda.
  2. Edit confirmation : merubah dialog konfirmasi apabila form telah di eksekusi oleh pengisi.

Save : menyimpan dokumen form Anda.

Form Questions

Pada pojok kanan ada gambar pencil, square dan trash. Pencil digunakan untuk mengaktifkan perubahan terhadap pertanyaan pada form Anda. Square digunakan untuk menambah dan menduplikasi pertanyaan yang telah Anda buat secara otomatis. Trash digunakan untuk menghapus pertanyaan.

Question Title : judul dari pertanyaan.

Help text : teks tambahan yang dapat membantu pengisi mengenai pertanyaan yang diajukan.

Question text : berisi dropdown untuk memilih jawaban dalam pertanyaan dalam bentuk apa.

(Checkbox) Make this question required : membuat pertanyaan tersebut harus dijawab oleh pengisi.

Done (Button) : menyimpan pertanyaan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat form dari templates yang disediakan. Baik dari member SBM atau templates Public. Anda cukup mengedit sedikit dari templates yang Anda pilih dan sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pada Google Docs, klik dropdown Create new > Document. Create Form From Doc
  2. Klik menu File > New > From template… Docs Template
  3. Pilih tab Public Templates, pilih pada menu All Types > Forms. Public Templates
  4. Anda tinggal pilih form templates yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mudah sekali bukan….selamat mencoba…..

Happy googling…… 🙂

<< Prev Tips Next Tips >>