Hari ke-4 : Berbagi dokumen dengan grup di Google Apps
Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat sebuah grup pada Contacts di Google Apps Anda.
- Klik menu Contacts pada menu sebelah kiri.
- Pilih ikon New Group dan ketikkan nama grup yang di inginkan.
- Grup Anda sudah terbuat.
- Pilih (v) kontak yang akan dimasukkan ke dalam grup, klik pada dropdown Groups dan pilih grup yang diinginkan.
- Selamat..!! Anda telah membuat grup pada Contacts Anda.
Sekarang kita coba untuk berbagi dokumen, dengan catatan :
- Share (berbagi) dokumen berbeda dengan mengirim dokumen melalui email menggunakan attachment.
- Dengan berbagi dokumen menggunakan Google Docs, kita bisa mengetahui perubahan yang dilakukan terhadap file tersebut.
- Juga kita tidak perlu meng-update dokumen yang sama, karena mengirimkan dokumen ke masing-masing orang (attachment di email). Berbagi dokumen disini bisa dilakukan secara bersamaan, dan dilengkapi oleh fasilitas chat pada dokumen yang aktif bagi orang-orang yang sedang mengakses dokumen tersebut (fasilitas chat hanya untuk dokumen spreadsheet dan presentation).
Berikut cara untuk berbagi dokumen dengan grup anda :
- Klik link Documents.
- Pilih dokumen/file yang akan dibagi.
- Klik pada dropdown Share, pilih Invite people.
- Klik link Choose from contacts.
- Pilih pada dropdown, grup Anda lalu klik pada tombol Done.
- Anda bisa langsung menekan tombol Send untuk mengirim invite, atau klik tab People with access untuk mengubah role akses terhadap file yang dibagi.
- Setelah yakin atas pengaturan akses, klik pada link Email this people untuk mengirim invite.
- Selesai.
Happy googling… 🙂